Cerpen,

Kenali Indonesiamu dengan Caramu, Bagian I

10/05/2016 10:10:00 PM Bima Sakti Nugeraha 0 Comments




“Tersangka baru telah ditetapkan oleh kpk mengenai kasus dugaan tindak pidana korupsi pembangunan wisma atlet……” Berbagai media tv kini sedang ramai memberitakan kasus korupsi yang dilakukan oleh pejabat. 
“Ini berita tv ga ada yang membanggakan apa selain dari kasus korupsi dari pejabat?” Ucap Rudi 
“Sini cari siaran tv yang lain deh mungkin nyiarin berita yang beda.” Jaka langsung mengambil remote tv dan menggantinya dengan channel yang lain.
“Tuh lu liat aja jak, semua siaran tv itu sama lagi ngebahas tentang kasus korupsi, please ga ada gitu yang bisa dibanggakan dari indonesia?”
“Ya adalah banyak, emang ini aja lagi jadi Hot news ya otomatis berita di tv ini semua.”
“Nih baca media online Rio haryanto tidak dapat mengikuti F1 karena dana yang dibutuhkan tidak dapat dicairkan oleh DPR, Miris kan jak dengernya Rio Haryanto itu sering mengharumkan nama indonesia, tapi ini balasannya?” Jaka hanya terdiam mendengar argumen dari Rudi karena setiap perdebatan mengenai Indonesia Rudi seperti tidak cinta dengan tanah airnya.  
Suasana kosan kini mulai berangsur sepi dengan aktifitas mahasiswa Rudi dan Jaka yang biasa mengerjakan tugas kuliah karena kuliah mereka sudah selesai, Rudi dan Jaka hanya tinggal menunggu waktu untuk wisuda
“Rudi lu jadi tinggal di luar negeri abis ini?." Tanya Jaka sambil merapihkan baju
“Jadi jak, kenapa?” 
“Apa si yang membuat lu ingin tinggal disana?”
“Sudah terlalu banyak masalah rumit Jak.”
“Emg masalah yang rumit ini ngerugiin lu?”
“Ya, Pasti gw pengen tinggal di negara yang ga banyak masalah kaya disini, dan infrastruktur yang lengkap.” 
“Rasa nasionalisme lu tuh kayanya udah hancur deh gara-gara film barat.”
“Apa yang bisa gw banggakan dari rasa nasionalisme? kalo pejabatnya aja banyak kasus, dan rakyat menderita?”
“Ya, itu benar, tapi Cuma sebagian aja ga semua pejabat kaya gitu dan lu harus inget yang bisa membanggakan itu banyak dari segala aspek, bisa dari olahraga. Banyak ko atlet kita yang berprestasi yang paling unggul itu Bulutangkis, Angkat Besi, Wushu dan masih banyak lagi, Budaya kita juga bermacam-macam setiap daerah punya ciri khas masakan bahasa di negara lain ga semuanya kaya gini,  Sumber daya alam Negara kita itu banyak, dan pemandangan alam di Indonesia juga indah-indah dan ga semua Negara mempunyainya, banyak ko orang luar negeri yang datang ke indonesia cuma pengen liat alam kita, Jadi kayanya pendapatlu salah.”  
Rudi sangat fokus mendengar ucapan jaka, Rudi berfikiran, bahwa yang diucapkan dari Jaka ada benernya juga, Namun Rudi masih gengsi untuk mengakui bahwa Indonesia itu bagus.
“Udahlah lu ngomong panjang lebar juga gw masi tetep ga suka sama yang ada di Indonesia.” Ucap rudi.
Jam menunjukan angka 12 malam, Suasana kosan sudah mulai sepi Jaka langsung mematikan lampu kosan dan pergi menuju kasur untuk tidur, Jaka dan Rudi memang tinggal di satu kamar kosan yang sama namun di kamar tersebut mereka beri sekat untuk memisahkan mereka berdua. Lampu kamar Rudi masih menyala, Rudi masih duduk di meja sambil memikirkan perkataan dari Jaka tadi, “Ko gw sampe segininya kecewa sama indonesia?” Ucap Rudi dalam hati. Sambil berkata begitu Rudi browsing di Internet, “Hal yang membanggakan dari Indonesia” Keluarlah banyak sekali yang bisa dibanggakan dari Indonesia. Waktu sudah semakin larut Rudi pun tertidur di meja sambil tangan memegang keyboard laptop.  
Krinkkk bunyi hp membangunkan Rudi, Rudi terbangun dari suara alarm dan langsung mematikan suara alarm tersebut namun suara hp tersebut bunyi lagi dan ternyata itu adalah suara telepon dari mamanya Rudi.
“Hallo Rudiiiiiiiiii kamu baru bangun?” Tanya mama rudi dengan nada yang keras
“Aku kira tadi alarm ma makanya aku matiin, mama ngapain sih telpon pagi-pagi banget?”  Rudi berbicara dengan mata tertutup karena masih ngantuk.
“Mama mau bangunin kamu aja, Sekalian mau mau kasih tau, mending kamu pulang, toh kuliah kamu juga udah selesai kan?” 
“Iya mah kuliah Rudi udah selesai tapi Rudi masih ada kegiatan disini mah.”
“Kegiatan apa?  Kegiatan kamu kebanyakan main game mulu.”
Rudi langsung terdiam sejenak mendengar omongan mamanya yang kegiatannya Cuma main game
“Ih mama so tau aja, Rudi mau cari tau tentang Indonesia.” 
“Yaudah yang penting kamu jangan main game mulu, nanti susah dapet pacar.”
Rudi tidak menanggapi omongan mamanya tersebut dan langsung mematikan telpon dan kembali tidur, Namun Rudi tidak bisa tidur lagi karena memikirkan tentang Indonesia tersebut. Langsung saja Rudi mandi dan bersiap untuk pergi  
“Rud lu mau kemana?” Tanya Jaka
“Gw mau jalan-jalan, lu mau ikut?”
“Ko dadakan?” Tanya jaka
“Iya ada sesuatu yang pengen gw cari, lu mau ikut ga” 
Jaka masih mikir dengan ajakan Rudi 
“Ah kelamaan mikir gw berangkat ya.”
“Yaudah dah lu sana pergi, Gajelas lu mah”
Rudi langsung pergi dari kosan sambil membawa tas yang isinya cukup banyak.
Krinnkkk tak lama kemudian jaka menelpon
“Eh seriusan lu mau kemana? berapa hari? Nanti mama lu tiba-tiba dateng gw jawab apa?” dengan muka kebingungan jaka bertanya.
“Udah bilang aja lagi pergi ngerjain tugas kelompok.”
“Tugas kelompok jidat lu, kuliah aja udh selesai. Rud…… rudiiiii” 
Rudi tidak mendengarkan lagi ucapan dari jaka dan langsung pergi saja dengan mobilnya.
Rudi ingin tau apasih yang bisa dibanggakan dari Indonesia? hasil dari browsing kemarin Rudi berniatan untuk pergi kesuatu tempat. “Yap mungkin pertama gw pergi ke tempat wisata aja kali ya yang banyak wisatawan asingnya, kira-kira gw kemana ya?” Ucap Rudi Sepanjang perjalanan. 20 menit Rudi masih memikirkan tempat mana yang akan dikunjungi dan sampai akhirnya Rudi berenti dulu di rumah makan padang untuk makan. 

You Might Also Like

0 komentar: